Ini Kiat Kuryana Dapatkan Adipura Perdana

2017-06-08 00:05:30

Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis, terus bergerak untuk mendapat piala adipura yang perdana di usia Bumi Sebimbing Sekundang, ke 100 tahun lebih. Kuryana mengklaim, kalau OKU, 90% dapat meraih piala adipura.

Pada kesempatan ini Senin (05/06), ia menyempatkan diri meninjau usaha mandiri milik warga Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Kemiling, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur. Kunjungannya ke sana, guna menghimpun informasi terkait dalam pengolahan sampah tersebut.

“Di sini, saya ingin menanyakan langsung ke pemilik pengolahan TPST (H Iskandar). Datanya nanti berguna untuk pemaparan saya di Jakarta, Rabu mendatan anti,” ujarnya.

Kuryana menilai, kegiatan pengolahan sampah yang dilakukan oleh H Iskandar tersebut, sangat berpengaruh terhadap penilaian tim adipura, bobotnya paling besar yakni 11 poin. Kemudian bobot poin yang besar kedua yakni Pasar, lalu bank sampah. Sebab itu, dirinya harus memahami tentang sampah serta pengelolaanya.

“Berdasarkan poin penilaian, sudah 90% pak piala adipura di tangan kita. Tinggal bagaimana pemaparan saya nanti di Jakarta, soalnya jika gagal dipastikan piala adipura bakal melayang,” tuturnya kepada Iskandar.

Lebih jauh dikatakan Kuryana, faktor yang juga berpengaruh pada penilaian adipura tidak berhasil lainnya yakni, adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di OKU. “Tugas saya nanti agak berat waktu pemaparan. Selain ketiga hal tadi, saya juga harus memaparkan tentang lintas sektoral. Karena ada dewan pertimbangan adipura yang diambil dari lintas sektoral. Makanya mohon doa dan dukungan masyarakat agar pemaparan nanti saya dapat menjelaskan dengan detail, sehingga piala adipura dapat hadir di tengah-tengah Kabupaten OKU ini,” pungkasnya.


INFORMASI LAINNYA